Jumat, 26 November 2010

Opini Pameran Buku

PAMERAN BUKU

Sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat di Kota Malang, tepatnya di Balai Kota Malang. Di tempat itu diadakan kegiatan untuk umum yaitu Expo Pameran Buku. Dimana Pameran itu menghadirkan outlet-outlet atau toko-toko buku terkenal .

Setiap outlet-outlet atau toko buku tersebut memperkenalklan buku-buku, baik yang terbaru maupun yang lampau. Yang menurut saya itu sangatb ermanfaat sekali karena jika kita mau mencari buku yang baru, maka kita tinggal pilih saja. Begitu juga jika kita mau mencari buku-buku yang lama maka kita tinggal pilih juga.

Memandang dari manfaatnya Pameran Buku tersebut, saya membaginya ke beberapa point. Diantaranya:

1. Bermanfaat dari segi Pilihan.

Ditinjau dari segi pilihan, ini kita dapat memilah dan memilih buku mana yang mau kita cari, yang baru terbit atau yang sudah lama terbitnya. Selain itu yang sangat penting adalah kita dapat mencari buku yang kita inginkan atau butuhkan. Karena di Pameran Buku itu sudah tertata letak buku-bukunya dengan rapi dan sesuai kategori atau katalog.

2. Bermanfaat dari segi Ekonomi.

Para pengunjung Pameran itu di hatinya tidak merasa terbebani oleh masalah harga, karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau sekali bagi para pengunjung yang berada di kalangan menengah ke bawah. Bahkan di kalangan ini, mereka mampu membeli lebih dari satu. Padahal di awal niatnya mereka hanya mau membeli satu buku saja. Setelah mereka tahu bahwa harganya sangat terjangkau, mereka pun mampu membeli buku lebih dari satu.

3. Bermanfaat dari segi ukhuwah atau sosial.

Pada Pameran Buku ini bagi para pemilik outlet-outlet atau toko-toko buku dapat saling berinteraksi yaitu menjalin silaturrahmi, menjalin kerjasama, berbagi pengalaman, ide-ide, bertukar pikiran atau saling memberi manfaat. Dari situ maka akan terbentuk hubungan social atau ukhuwah yang baik.

Dari beberapa manfaat itu kita bisa menilai bahwa Pameran Buku itu sangat banyak sekali manfaatnya. Kemudian “ Apakah kita berpendapat yang sama tentang pameran? ”

Menurut saya, jika Pameran Buku diadakan secara berkala, artinya Pameran Buku itu diadakan satu bulan sekali atau dua bulan sekali maka akan memberikan kontribusi yang sangat baik bagi para pecinta buku.

Mengenai kegiatan di kampus UM ( Universitas Negeri Malang ) yang akan di adakan pada awal November ini yaitu Pameran Buku. Akan sangat menunjang kebutuhan-kebutuhan para mahasiswa, terutama dalam mencari buku-buku yang berkenaan dengan pengerjaan tugas-tugas dari Dosen. Selain itu juga Pameran Buku juga bisa menjadi sarana untuk menambah koleksi buku para pecinta buku.

Pameran Buku di UM ( Universitas Negeri Malang ) saya menilai bahwa Pameran Buku tersebut akan meninggalkan dampak-dampak yag positive bagi semua kalangan. Dengan adanya kegiatan itu semoga UM ( Universitas Negeri Malang ) terus menjadi teladan bagi perguruan tinggi lainya, amiin.

Kesimpulanya adalah Pameran Buku sangat bermanfaat bagi semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar